Jumat, April 16, 2010


Meskipun keduanya sama-sama memberikan layanan gratis untuk pembuatan blog, antara Blogger dan Wordpress menggunakan banyak regulasi yang berbeda, baik dalam proses registrasi maupun pengelolaan dan pengembangan desain template/theme. Dua buah kebijakan yang berbeda dan mestinya masing-masing mempunyai pertimbangan-pertimbangan khusus yang sudah diperhitungkan secara matang , baik demi kepentingan bisnis ataupun layanan.

Apabila kita melakukan proses registrasi pembuatan blog di Blogger dan Wordpress, perbedaan yang pertama akan dapat kita lihat dan rasakan. Prosedur registrasi di Blogger terhitung lebih cepat dan mudah. Disisi yang lain, pengembangan yang kita laukan terhadap desain blog (template) di Blogger bisa dilakukan tanpa ada peraturan yang mengikat sama sekali (bebas), sedang di Wordpress, perubahan terhadap desain template di atur dengan regulasi khusus yang ditetapkan oleh pihak Wordpress. Hal yang disebutkan di atas hanyalah sebagian kecil dari perbedaan mendasar yang ada. Di luar hal tersebut masih ada beberapa perbedaan-perbedaan lain yang dapat anda lihat setelah anda terjun langsung mengelola blog dalamnya. Setelah mencermati perbedaan yang ada tersebut, akhirnya semua kita kembalikan kepada pihak pengguna (blogger), layanan mana yang hendak kita manfaatkan untuk menyalurkan inspirasi yang berkembang dalam otak kita ! Atau mungkin anda ingin mencoba ke duanya? Silahkan saja karena kita bebas untuk mengelola blog dimanapun dan sebanyak apapun !

O..., ya..., karena syarat utama untuk membuat blog harus mempunyai sebuah email terlebih dahulu, maka bagi yang belum mempunyai email, anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Tutorial lengkap untuk membuat email, baik di Gmail ataupun di Yahoo Mail bisa anda baca di blog ini.
    Tutorial membuat email :
  • Yahoo Mail : Silahkan KLIK di sini
  • Gmail : Silahkan KLIK di sini

Cara Membuat Blog di Wordpress :

  • Email. Buatlah terlebih dahulu bagi yang belum punya email.
  • Alamat Wordpress. Berkunjunglah ke http://wordpress.com atau anda bisa KLIK di sini
  • Sign Up. "Klik Sign up now" untuk melanjutkan ke proses registrasi.
  • Akun Wordpress. Isi lengkap halaman registrasi untuk mendapatkan akun Wordpress. Yang harus di isi adalah Nama Pengguna (User), Sandi atau kode rahasia, alamat email. Setelah diisi lengkap silahkan "KLIK" kotak yang bertuliskan "Berikutnya" (kiri-bawah).
    KLIK di sini (Gambar-1) untuk melihat contoh pengisian formulir dalam bentuk gambar!
  • Nama Domain blog.Gambar ke dua berisi Nama Domain blog, dan judul blog. Selanjutnya "KLIK Signup."
    KLIK di sini (Gambar-2) untuk melihat contoh pengisian nama domain blog !
  • Nama Depan dan Nama Belakang. Isi "Nama Depan" dan "Nama Belakang". Lanjutkan dengan membuka email untuk mengaktifkan blog.
    KLIK di sini (Gambar-3) untuk melihat contoh pengisian Nama Depan dan belakang !
  • Email dari Wordpress. Anda bisa melihat contoh bentuk Email dari Wordpress dan cara pengaktifannya. di Gambar ke-4.
    Buka gambar-4 di sini (Gambar-4)
  • Login. Acount anda sudah aktif ! "KLIK Login" untuk masuk ke halaman login (masuk log).
    Lihat contohnya di sini (Gambar-5)
  • Blog Sudah Jadi. Untuk masuk ke blog, anda harus mengisi Nama Pengguna dan Kata Sandi kemudian lanjutkan dengan "KLIK Masuk Log".
    Contoh pengisian Nama Pengguna dan Kata Sandi : KLIK di sini (Gambar-6)
  • Dasboard. Anda sudah berada di halaman dasboard dari blog Wordpress anda yang baru ! Segala aktifitas posting sudah bisa dilakukan mulai saat ini ! Gambar ke-7 merupakan contoh bagian dasboard dari blog di Wordpress. KLIK di sini (Gambar-7) untuk melihat bentuknya !

Selamat ! Semoga bermanfaat dan jadikan sebagai media untuk mengembangkan bakat dan kemampuan !


Related Posts

0 komentar:

Silahkan untuk menuliskan komentar di sini :

Apapun komentar yang anda berikan merupakan spirit bagi kami untuk terus berkarya . . . - Terima Kasih ! -

 
Tantytm | Edited by | Tanty Template Modification