Selasa, April 13, 2010

Sebelum menapakkan kaki lebih jauh dalam dunia blog, akan sangat bermanfaat seandainya kita mencoba memahami terlebih dahulu tentang beberapa hal kecil yang berkaitan dengan dunia yang sangat menarik ini. Pemahaman tentang blog meliputi sejarah munculnya blog, cara membuat blog, fungsi blog, cara mengelola blog, cara posting teks dan gambar, manfaat blog dan bagaimana bentuk desain sebuah blog yang dikenal dengan istilah template. Selain itu, untuk lebih memahami dunia blog, satu hal yang juga harus kita perhatikan adalah istilah-istilah yang digunakan di dalamnya. Tentu saja diluar hal yang tersebut di atas masih banyak hal lain yang perlu kita ketahui atau syukur-syukur dapat kita pahami dengan baik seperti javascript, file hosting dan beberapa yang lain.

Istilah blog digunakan petama kali oleh seorang yang bernama Jorn Barger untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinue dan berisi link-link ke website lain. Blog memuat sebuah karya bebas dalam bentuk artikel yang sering sekali menyertakan satu atau beberapa buah gambar (statis atau bergerak) yang berfungsi untuk memperjelas muatan artikel. Meskipun pada umumnya sebuah blog memuat artikel dalam bentuk teks, beberapa blog yang berbeda secara khusus hanya memuat gambar (teks yang digunakan sangat minimal).

Berbeda dengan media-media lain yang lebih banyak memberikan informasi kepada pembaca tanpa memerlukan sebuah hubungan timbal-balik, sebuah blog akan menjadi lebih populer dan berkembang dengan baik apabila komentar banyak diberikan oleh pembaca blog terhadap artikel yang diterbitkan. Popularitas atau ranking blog berbanding lurus dengan tingginya frekwensi komentar. Perlu untuk diketahui, popularitas sebuah blog juga akan sangat mempengaruhi penghasilan seorang blogger karena umumnya pendapatan blogger diperhitungkan dengan banyaknya jumlah pengunjung blog.

Satu hal khusus yang membedakan blog dengan media informasi yang lain adalah, setiap orang dengan leluasa dan gampang dapat memiliki dan menerbitkan artikel dalam sebuah posting tanpa diharuskan memenuhi syarat-syarat/spesifikasi khusus seperti layaknya penulis profesional. Seorang blogger (pemilik blog) hanya perlu memiliki sebuah email sebagai prasyarat wajib dan dengan bebas boleh menuliskan apapun dalam blog. Karena kebebasan yang sepertinya tanpa mengenal batas ini, seyogyanya seorang blogger selalu mengutamakan itikad yang baik saat membuat posting dengan pertimbangan etika, sopan-santun dan bersifat edukatif sehingga memberikan manfaat positif bagi masyarakat.

Dalam perkembangannya, jumlah layanan pembuatan blog bertumbuh dengan amat pesat dengan jumlah yang tidak terhitung, baik yang berupa layanan gratis ataupun bayar. Layanan blog tidaklah jauh berbeda dengan siklus kehidupan, dimana begitu salah satu mati maka yang lain akan dengan cepat bermunculan. Dua layanan blog gratis dengan tingkat popularitas tertinggi untuk saat ini masih dipegang oleh Wordpress dan Blogger. Sepertinya dengan melihat perkembangan yang terjadi hingga detik ini, keduanya akan tetap berada di posisi teratas untuk jangka waktu yang cukup lama.

Banyak blogger yang sangat produktif dan bahkan mempunyai tingkat popularitas amat tinggi tetapi dia tidak memahami dengan baik lingkungan tempat dia bekerja. Meskipun hal seperti ini bukan hal yang mutlak harus dipahami secara sempurna, akan tetapi akan sangat naif jika seorang blogger terpandang tidak mengetahui lingkungan dan fasilitas yang menjadi tempatnya mengexplorasi otak. Satu contoh kecil : akan sangat lucu seandainya seseorang yang mempunyai gelar blogger ketika ditanya oleh seseorang tentang arti kata template tetapi dia tidak mampu menjelaskan dengan baik. Oleh karena itu, untuk menguak lebih dalam tentang template, baik kode penyusunnya hingga bagaimana memodifikasi dan mendesain sebuah blog, di waktu kedepan kita akan bahas setiap detail desain blog. Sekaligus kita juga akan mecoba mengupas satu demi-satu istilah-istilah yang biasa digunakan sebagai penambah wawasan dan sebagai sebuah upaya awal untuk mengetahui lebih dekat blog berikut desainnya serta bagaimana cara untuk meningkatkan produktivitas posting dan meningkatkan ranking melalui promosi blog hingga muncul blogger-blogger baru dengan kualitas jempol ....

Horas bah...., Habis beras di sengat lebah .... !!!!

Related Posts

0 komentar:

Silahkan untuk menuliskan komentar di sini :

Apapun komentar yang anda berikan merupakan spirit bagi kami untuk terus berkarya . . . - Terima Kasih ! -

Promote Your Blog
 
Tantytm | Edited by | Tanty Template Modification