Minggu, April 18, 2010

Blog sudah punya, kemampuan menulis cukup, semangat untuk posting menggelora! Hal ini saja ternyata tidak cukup bagi seorang blogger. Blogger kalau boleh diibaratkan tidak ada bedannya dengan seorang pedagang (pebisnis). Untuk membuat dagangan laris haruslah mempunyai trik atau kiat-kiat yang mampu menarik simpati pembeli sehingga setiap hari pengunjung dan pembeli akan semakin bertambah banyak yang berimplikasi positif ke dagangan (barang) yang dijual. Datangnya pengunjung dan pembeli ibaratnya merupakan spirit yang tak akan pernah habis untuk semakin meningkatkan layanan, semangat dan kreatifitas. Kondisi seperti ini berlaku sama untuk sebuah blog. Semakin banyak pengunjung, tentunya akan semakin banyak komentar masuk yang menjadi sangat berarti untuk meningkatkan semangat seorang blogger untuk terus berkarya sehingga target yang diinginkan dalam mengelola blog tercapai.

Bagaimana sebuah blog menjadi begitu populer ?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, tetapi satu hal yang jelas adalah berupaya membuat blog dengan sangat mudah dan cepat terindex oleh search engine. Kinerja mesin pencari tidak ubahnya seperti ketika seseorang menyusun sebuah detail yang didasarkan pada skala prioritas. Daftar pertama hingga terakhir secara berurutan akan tersusun mulai dari yang paling penting (utama/dibutuhkan) hingga ujung terbawah yang masuk dalam kategori bisa menyusul kemudian karena bisa dikatakan tidak begitu penting dan dibutuhkan pada saat ini.

Apa saja langkah dan strategi untuk membuat blog cepat populer ?

Banyak yang harus dilakukan. Tidak cukup dengan hanya mengandalkan kemampuan menulis saja seperti tersebut di atas. Beberapa tips di bawah ini sebaiknya anda lakukan untuk supaya blog anda dengan cepat meningkat ratingnya :
  • Kualitas Posting
    Kualitas posting yang baik akan membuat pengunjung blog lebih tertarik dan kerasan menikmati sajian posting karena banyak manfaat positif yang bisa di ambil dari blog tersebut. Hal seperti ini akan berimbas kepada keinginan pengunjung tadi untuk memberi khabar ke teman-temanya supaya ikut datang berkunjung.

  • Kualitas posting yang baik di ukur dengan :
    • Penataan Posting yang baik : rapi, penggunaan warna teks yang bersahabat (tidak membuat cepat lelah)
    • Penggunaan bahasa yang yang sopan dan tata bahasa yang baik.
    • Bahasa yang komunikatif, tidak bersifat sombong dan menggurui.
    • Gambar (Image) untuk visualisasi di buat secara lengkap dan detail sehingga maksud penggunaannya akan memperjelas makna tulisan dan tidak justru membebani blog.
    • Buatlah posting berdasarkan kemempuan sendiri jangan sampai dalam bentuk copy paste karena orang akan lebih senang membaca sesuatu yang berbeda meskipun mempunyai topik yang sama.

  • Aktualitas Content
    Usahakan untuk selalu menampilkan posting yang aktual dan dibutuhkan oleh banyak orang. Sesuatu yang aktual apalagi menarik pasti menjadi atensi banyak orang.

  • Rutinitas Posting
    Rutinitas posting sangat bermanfaat dan penting karena pengunjung akan selalu memperoleh hal baru setiap kali berkunjung. Banyak blog yang sudah begitu terkenal menjadi kehilangan pengunjung hanya karena tidak lagi ditemukan hal baru yang mendorong mereka untuk selalu memiliki rasa penasaran dan kerinduan. Peganglah selalu prinsip Memelihara jauh lebih sulit daripada membuatnya untuk menjaga konsistensi posting.

  • Penampilan Blog
    Buatlah penampilan blog semenarik mungkin. Blog dengan isi posting bagus kadang-kadang dilewatkan begitu saja hanya karena penampilannya yang awut-awutan dan tidak enak dipandang.

  • Materi Posting
    Buatlah posting dengan materi yang benar-benar anda kuasai sehingga setiap komentar dan pertanyaan yang datang bisa di jawab dengan sempurna. Hal ini akan semakin meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pengunjung. Percayalah kehilangan kepercayaan yang menimbulkan kekecewaan akan merusak sesuatu yang sudah kita bangun dengan susah payah.

  • Blog Walking
    Kunjungan ke sesama blogger haruslah dengan disertai memberi komentar atau mengisi buku tamu dengan harapan ada kunjungan balik yang berdampak positif kapada tingkat popularitas. Seorang Blogger sejati akan selalu memperhatikan dan tahu berterimakasih atas kunjungan sesama blogger karena setiap kunjungan akan memberi dampak positif termasuk dari sisi finansial.

  • Facebook dan Twetter
    Manfaatkan dengan baik jaringan pertemanan (social networking) ini karena sangat ampuh untuk mempromosikan blog. Follower yang banyak akan menciptakan mesin turbo bagi upaya promosi blog.

  • Search Engine
    Inilah yang menjadi kunci utama kepopuleran blog. Ukuran kepopuleran, traffic atau ranking bersumber kepada seberapa cepat sebuah blog terdeteksi oleh searh engine. Daftarkan segera blog anda di search engine yang ada.
    Dua search engine terbesar dan terandal yang perlu dimanfaatkan adalah :
    1. Google Search Engine : di sini !
    2. Yahoo Searh Engine : di sini !

  • Website Directory
    Daftarkan juga blog di Website directory supaya lebih cepat terindex oleh mesin pencari. Karena Web site Directory merupakan gudang tempat mesin pencari berkunjung, maka bila blog sudah tersimpan di sana akan lebih mudah terdeteksi.
    Website Directory yang bisa dimanfaatkan antara lain :
    1. Google Directory : di sini !
    2. Yahoo Directory : di sini !
    3. Dmoz Directory di sini !

  • Web Submission
    Beberapa Web Submission yang bisa digunakan ;
    1. Addme atau anda bisa KLIK di sini.
    2. Blog Indonesia atau anda bisa KLIK di sini.
    3. Site Level atau anda bisa KLIK di sini.
    4. Jayde atau anda bisa KLIK di sini.
    5. FyberSearch atau anda bisa KLIK di sini.

  • Social Bookmarking - Blog Directory.
    Beberapa Social Bookmarking yang dapat di andalkan :
    1. Technorati
    2. FeedBurner
    3. BlogDigger
    4. IceRocket
    5. Reddit
    6. Digg
    7. Delicious
    8. StumbleUpon
    9. Mixx
    10. Buzz

Masih banyak yang harus anda dilakukan setelah ini! Selamat bekerja !

Related Posts

2 komentar:

  1. Selamat malam...
    Template baru ya, Pak? Mantap Pak, lebih simple tapi tetap berkualitas kontennya. :-)
    Saya mendapat ilmu baru lagi nih dari artikel Bapak yang satu ini. Saya barusan langsung meng-submit blog saya seperti langkah yang Bapak sebutkan di atas.
    Trims sekali Pak ilmunya. Saya lebih banyak menggunakan ilmu dari Bapak nih selama ini untuk blog saya.

    Hormat saya,
    DANY

    BalasHapus
  2. Saya suka design template nya.. :)

    BalasHapus

Promote Your Blog
 
Tantytm | Edited by | Tanty Template Modification