Jumat, April 16, 2010

Fitur yang tersedia pada posting "Mode Edit HTML" tidak sebanyak seperti yang dipergunakan di posting "Mode Tulis (Compose)". Meskipun fungsi setiap fiturnya sama, tetapi bentuk tampilan hasilnya di box posting berbeda karena untuk "Mode Edit HTML" fungsi yang dijalankan setiap fitur akan tertulis dalam bentuk kode HTML. Pembuatan posting dalam mode ini membutuhkan kemampuan dan pemahaman terhadap kode HTML karena sebagian teknik posting harus dilakukan secara manual.

Cara Menggunakan Fitur Posting "Mode Edit HTML"


  • Font Weight (Tebal Font)
    Seperti halnya ketika kita melakukan posting di "Mode Tulis", fitur ini mempunyai fungsi yang tidak berbeda, hanya saja ketika kita KLIK pada fitur tersebut maka yang tertampilkan di box posting kita adalah sebuah kode HTML yang berbentuk :
    <span style="font-weight:bold;">Teks yang telah di block</span>.
    • Bila di "Mode Tulis" untuk mengembalikan lagi teks kembali ke keadaan standar (normal) dilakukan dengan cara di block kembali kemudian KLIK ulang difitur ini, maka ketika kita menggunakan "Mode Edit HTML", untuk mengembalikan teks ke dalam kondisi normal dilakukan dengan cara menghapus kembali tag yang sebelumnya di tambahkankan ketika fitur "Font Weight di KLIK" (tag <span style="font-weight:bold;"> dan tag setelah teks yang di block </span>).
    • Apabila ingin menambahkan teks lain supaya tercetak tebal, kita tinggal langsung menambahkan teks tersebut di antara ke dua tag tadi.
  • Italic (Miring)
    Seperti halnya pada fungsi fitur Font Weight, ketika fitur Font Style (Italic/Miring) digunakan, maka yang ditambahkan dalam ruang posting adalah kode HTML pembentuk teks miring. Bentuk kode HTML-nya sebagai berikut :

    • <span style="font-style:italic;">Teks yang sudah di block</span> .
    • Cara untuk mengembalikan ke kondisi normal ataupun menambah teks supaya berbentuk miring sama seperti cara sebelumnya.

  • Link (Tautan)
    Cara menggunakan fitur ini sama seperti dua fitur di atas.

  • Blockquote
    Cara pengoperasian sama seperti di atas.

  • Check Spelling (Periksa Ejaan)
    Klik fitur ini untuk memeriksa ejaan. Untuk kembali melanjutkan posting atau pindah ke fungsi fitur yang lain, KLIK Kalimat Lanjutkan Pengeditan yang terletak di sebelah kanan fitur "Add Video".

  • Add Image (Tambah Gambar)
    Apabila di "Mode Tulis" ketika fitur ini di aktifkan untuk upload gambar maka hasil yang kita dapatkan di ruang posting berupa sebuah gambar (image), maka pada "Mode Edit HTML" gambar yang di tampilkan di ruang posting berbentuk kode HTML. Kode HTML ini memungkinkan kita untuk melakukan banyak modifikasi pada gambar tersebut. Inilah salah satu kelebihan yang dimiliki posting di "Mode HTML". Modifikasi atau perubahan seperti apa yang dapat kita lakukan terhadap gambar ? Apa saja sebenarnya keuntungan penggunaan "Mode Edit HTML" ? Kita akan bahas masalah ini di posting selanjutnya !

  • Add Video (Tambah Video)
    Mempunyai fungsi yang hampir sama dengan "Add Image", perbedaan hanya pada jenis file yang di upload.

Selamat Melanjutkan posting dan sukses selalu buat anda !



Silahkan KLIK di sini untuk melihat tutorial lengkap "Fungsi dan Cara Menggunakan Fitur Posting".

Related Posts

2 komentar:

  1. Blognya Bagus banget :D
    Rapi dan penuh informasi...

    BalasHapus
  2. makasih infonya sangat bermanfaat sekali, nice posting

    BalasHapus

Promote Your Blog
 
Tantytm | Edited by | Tanty Template Modification