Jumat, April 16, 2010

Kemampuan menulis atau membuat posting dalam sebuah blog akan lebih sempurna dan maksimal apabila seorang blogger memahami secara baik setiap fasilitas yang disediakan di halaman posting. beberapa fitur yang tersedia di halaman ini mempunyai berbagai fungsi dengan tujuan untuk menciptakan penataan posting supaya didapatkan hasil posting yang enak dan nyaman dinikmati, rapi dan terlihat indah sehingga pengunjung blog juga merasa betah berlama-lama menjelajah setiap detail isi dan sisi blog.

Posting di Blogger (Blogspot) dapat dilakukan dengan dua cara (model) :
    Dua macam model posting di Blogger (Blogspot) :
  • Posting "Mode Tulis" (Compose) :
    Posting Mode Tulis menyediakan berbagai fitur dengan fungsi yang berbeda. Jumlah total fitur yang disediakan berjumlah 17 (tujuh belas) buah fitur.
  • Posting Mode "Edit HTML" :Pada mode ini jumlah fitur yang digunakan berjumlah 7 (tujuh) buah fitur. Beberapa fungsi pada posting mode Edit HTML dilakukan secara manual dan diperlakukan pada pemanfaatan Kode HTML yang membentuk fungsi.

Fungsi Fitur pada Posting "Mode Tulis (Compose)" :

  • Font Family (Jenis Font)
    Fitur ini menyediakan 8 (delapan) jenis font berbeda yang dapat anda gunakan sebagai pilihan bentuk tulisan yang akan ditampilkan di halaman posting. Untuk menggunakannya anda tinggal lakukan seleksi (pilih) kemudian KLIK pada Font yang diinginkan.
  • Font Size (Ukuran Font)
    Tersedia 5 (lima) ukuran huruf yang dapat anda pilih untuk posting anda. Block terlebih dahulu teks yang akan di dirubah ukurannya menggunakan mouse baru kemudian KLIK fitur Font Size dan lanjutkan KLIK pada ukuran terpilih.
  • Font Weight (Tebal Font)
    Font weight digunakan untuk membuat huruf tebal dan normal. Block terlebih dahulu teks yang akan di atur ketebalannya menggunakan mouse baru kemudian KLIK fitur Font Weight. Untuk membuatnya menjadi normal kembali, ulangi dengan KLIK kembali fitur Font Weight.
  • Italic (Miring)
    Berfungsi untuk membuat teks miring atau normal. Cara menggunakannya seperti pada fitur Font Weight.
  • Text Colour (Warna Teks)
    Block teks yang akan diwarnai kemudian pilih warna yang dinginkan dengan meng-"KLIK" pada warna terpilih.
  • Link (Tautan)
    Fitur Link (Tautan) berfungsi untuk membuat sebuah link pada teks tertentu. Teks yang akan dibuat menjadi sebuah link di block terlebih dahulu menggunakan mouse, kemudian KLIK di fitur tersebut. Setelah KLIK dilakukan akan muncul sebuah window yang harus di isi dengan link yang akan diterapkan pada teks yang telah di block. Bentuk KODE HTML dari teks yang telah diblock kemudian di berikan link menjadi seperti contoh di bawah ini :
    <a href="Link yang telah dituliskan di window">Teks yang di Block</a>
    Contoh Kode HTMl bentuk link sesungguhnya :
    <a href="http://tantytm.blogspot.com">Tanty Template Modification</a>
    Contoh bentuk akhir link setelah di terbitkan di halaman blog :

    Tanty Template Modification.
    Cobalah KLIK teks link di atas!

  • Align Left (Rata Kiri)
    Berfungsi untuk membentuk teks rata di sebelah kiri. Block teks yang akan di buat rata kiri kemudian "KLIK fitur Rata Kiri".
  • Align Center (Rata Tengah)
    Berfungsi untuk membentuk teks rata di tengah. Cara menggunakannya sama seperti pada "Rata kiri".
  • Align Right (Rata Kanan)
    Berfungsi untuk membentuk teks rata di sebelah Kanan.
  • Align Justify Full(Rata Kanan dan Rata Kiri)
    Berfungsi untuk membentuk teks rata di sebelah kanan dan kiri.
  • Numbered List (Daftar Bernomor)
    Berfungsi untuk membuat teks bernomor urut. Untuk membuat daftar bernomor, ketik teks yang akan diberi nomor kemudian block teks tersebut menggunakan mouse dan dilanjutkan KLIK Numbered List. Setelah penomoran selesai, untuk mengembalikan ke posisi normal ketik teks lanjutan dari posting anda (cukup satu kata), kemudian KLIK kembali Numbered List.
  • Buleted List (Daftar Berbutir)
    Fitur Buleted List mempunyai fungsi yang sama demngan fitur Numbered List, hanya berbeda dalam bentuk tanda urutannya. Buleted List menggunakan bentuk bulatan kecil. Cara menggunakan fitur ini sama dengan cara di atas.
  • Blockquote
    Fitur ini jarang sekali dipakai oleh blogger dan tidak semua browser kompatible dengan fungsinya. Blockquote membentuk teks yang telah di block mempunyai background tersendiri sehingga penampilannya terlihat menonjol di halaman blog setelah posting dilakukan.
  • Check Spelling (Periksa Ejaan)
    KLIK Fitur ini dan lihat teks posting anda dengan cermat. Memanfaatkan fitur ini akan mempercepat dan mempermudah pengecekkan teks posting apabila terjadi kesalahan penulisan (ejaan). Cara menggunakan fitur ini sama dengan cara di atas.
  • Add Image (Tambah Gambar)
    Digunakan untuk menambahkan gambar pada posting. Setelah "KLIK pada fitur Add Image" anda bisa meng-upload sebuah gambar di Blogger dari folder PC atau dari sebuah URL gambar. Ukuran dan posisi gambar dapat di atur sebelum "KLIK Unggah Gambar". Hasil Upload akan tertampilkan di ruang posting.
  • Add Video (Tambah Video)
    Mempunyai fungsi yang hampir sama dengan "Add Image", perbedaan hanya pada jenis file yang di upload.
  • Remove Formatting from Selection (Menghapus Format dari Bidang Pilihan)
    Setelah beberapa buah teks yang tidak tersusun secara berurutan di block (misalnya teks bernomor), kemudian fitur ini di KLIK, maka bentuk teks akan berubah berbentuk berurutan dalam arah horizontal .

Semoga artikel ini semakin meningkatkan pemahaman kita terhadap desain dan fungsi blog !

Related Posts

4 komentar:

  1. wahhh,,,, maksih atas infonya

    BalasHapus
  2. tlng di bantu, saya baru buat blog tapi tidak dapat melakukan posting karna di kolom edit barunya tidak dapat di gunakan atau fitur2nya tidak ada baik di edit HTML dan COMPOSE

    BalasHapus
  3. apa bisa blog kita meng upload sebuah software untuk di donwload orang

    BalasHapus
  4. http://angkajitutogelsingapuraeyangkasarung.blogspot.com/2013/08/paranormal-eyang-kasarung.html

    BalasHapus

Promote Your Blog
 
Tantytm | Edited by | Tanty Template Modification