Minggu, Oktober 10, 2010

Membuat Tab Menu Horizontal di Blogger Baru. Jika anda menggunakan New Blogger Template sebagai template default, maka untuk membuat sebuah tab menu horizontal di bawah header blog akan sangat mudah dilakukan tanpa perlu menambahkan kode CSS baru. Beberapa link tinggal kita tuliskan dengan bantuan kode ul dan li. Cara ini menjadi terasa amat praktis sehingga sangat menguntungkan bagi para blogger pemula.

Contoh bentuk Tab Menu




Tab Menu Horizontal dapat dibuat oleh siapapun dengan cara;
  • Login : Login ke blogger dengan cara:
    • Tulis User Name (Nama Pengguna) atau Email Address.
    • Tulis Password (Kode Rahasia/Sandi).
    • Klik "Login".
  • Begitu halaman "Dasboard/Dasbor" terlihat, cari link "Design/Rancangan". Klik link tersebut.
  • Selanjutnya anda akan melihat Page Elements/Elemen Laman dengan ciri adanya box bertuliskan "Add a Gadget/Tambah Gadget". Beberapa box terlihat bergaris putus-putus. Klik "Add a Gadget yang berada di bawah header. Tunggu beberapa saat.
  • Terlihat beberapa widget yang bisa ditambahkan di blog seperti "Entri Populer, Statistik Blog, Laman, Pengikut dan beberapa yang lain. Carilah "HTML/Javascript" dan silahkan klik di sini!
  • Tuliskan kode (xHTML) dalam box widget HTML/Javasript yang tersedia.
  • KLIK "SAVE Templates/Simpan Template".
  • Buka blog dan lihat hasilnya!

Contoh Kode Tab Menu


<ul>
<li><a href="URL" target="_blank" title="Tuliskan title di sini!">Nama/Judul Tab</a></li>
<li><a href="http://tantytm.blogspot.com/" target="_blank" title="CSS3">CSS3</a></li>
<li><a href="http://tantytm.blogspot.com/" target="_blank" title="Free CSS, Javascript, Image Hosting">File Hosting</a></li>
<li><a href="http://tantytm.blogspot.com/" target="_blank" title="Panduan dan Tutorial Blogger">Tutorial Blogger</a></li>
<li><a href="http://tantytm.blogspot.com/" target="_blank" title="Car Lengkap Memodifikasi New Blogger Template dan Template Lama">Template Modification</a></li>
</ul>

Keterangan:


  • Karena bisanya link Horizontal tab menu di New Blogger Templates berukuran cukup besar, sebaiknya nama/judul link dibuat sesingkat mungkin sehingga link yang termuat menjadi lebih banyak.
  • Ganti URL dengan dengan alamat-alamat yang ingin ditampilkan atau bisa juga dengan mengambil URL dari widget seperti pada Categories/Label.




Untuk membuat tab horizontal yang berbeda dari bawaan blogger tersebut (mungkin karena anda nggak suka!), anda bisa melakukan modifikasi di template. Untuk sementara ini bila anda ingin segera mendapatkan tutorial lengkap tentang modifikasi blog serta tab horizontal di blogger baru, silahkan cari di link di bawah ini:

Best Blogger Tutorial Collection

Related Posts

8 komentar:

  1. thanx untuk info xa...!! jangan lupa kunjung blogku http://cc-indomedia.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. terima kasih informasinya, saya bingung juga dengan new blogger template ini. saya coba dulu ya ...

    BalasHapus
  3. ini dia yang aku cari cari..
    thank infonya?

    BalasHapus
  4. Salam bloger,,, blog yg sangat keren,, kalau boleh bagi ilmu y saya kepengen buat kotak label/etalase seperti yg di seblh kanan blog ni.. boleh donk ilmu nya,,,, dtunggu ya respon nya.. lw dah di posting di tunggu mampir kabar y di blog Lc... makasih..

    BalasHapus
  5. Untuk membuat menu navigasi yang seperti pada contoh gambar di atas, kode CSSnya kira2 gimana ya. Trims..

    Salam,
    Irawan

    BalasHapus
  6. Hebat..hebat info bagus
    numpang belajar teteh..

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas info yang bangus.. dan ana mau nanya.. gimana caranya membuat postingan di tab menu horizontalnya.. Misalnya tab horizontal nya.. Data lalu di dalam nya kita mau buat postingan data guru dan murid.. Trims atas jawabannya.. hehe

    BalasHapus

Promote Your Blog
 
Tantytm | Edited by | Tanty Template Modification